Sunday, April 11, 2010

Program Beasiswa KemKomInfo 2010

Magister Teknologi Informasi UGM bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menawarkan bantuan finansial melalui program beasiswa bagi para calon mahasiswa terpilih yang memiliki outstanding knowledge dan/atau skill dan bermotivasi besar untuk berkontribusi dalam pengembangan e-Government di Indonesia. 

Program CIO (Chief Information Officer) ditujukan untuk eksekutif/pengambil kebijakan yang bertanggungjawab mempromosikan TI sebagai sarana peningkatan kualitas birokrasi pemerintahan, baik pada level strategis maupun operasional. Program CIO MTI UGM dirancang untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam rangka pengembangan e-Government di lembaga pemerintah tingkat pusat maupun daerah. 

Tujuan
Tujuan pemberian beasiswa adalah mencetak SDM unggul untuk mendukung penerapan e-Government. Program beasiswa ini diharapkan dapat menjadi katalisator dan akselerator dalam peningkatan kualitas SDM TI, khususnya di lingkup pemerintahan dan pengembangan TI di Indonesia pada umumnya.

Skema
Beasiswa diberikan dalam bentuk pembebasan penuh (full waiver) terhadap biaya pendidikan di Program CIO MTI UGM, senilai biaya SPP yang berlaku saat ini. 
Beasiswa hanya mencakup biaya program selama 16 bulan dan biaya matrikulasi, tidak mencakup biaya hidup (living cost), biaya transportasi dari/ke lokasi asal peserta, biaya pendaftaran, dan biaya wisuda. Jika peserta tidak dapat menyelesaikan studi dalam waktu 16 bulan, biaya tambahan masa studi harus ditanggung peserta (tidak dicakup dalam beasiswa).

Persyaratan
Calon penerima beasiswa diharapkan memenuhi kriteria sebagai berikut:
Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditempatkan di lembaga-lembaga departemen, non departemen, baik di lingkungan pemerintahan pusat maupun daerah.
Memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 2 tahun terhitung mulai tanggal diangkat menjadi PNS dalam gelar S1 pada instansi yang bersangkutan.
Memiliki IPK S1 minimum 3,0 (dari skala 4,0).
Usia maksimum 40 tahun pada saat mendaftar.
TPA minimal 500 dan TOEFL minimal 450.
Bidang kerja yang ditangani terkait dengan pengembangan e-Government di lingkungan asalnya.
Mendapat rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II).
Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2 di tempat lain.
Tidak menerima dan/atau sedang menerima beasiswa dari lembaga lain.


Prosedur Aplikasi
Calon peserta harus mengisi formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran yang telah diisi dan seluruh dokumen yang dipersyaratkan harus dikirim via pos atau diantar langsung dan diterima Panitia Seleksi dengan alamat tersebut di bawah ini paling lambat sesuai dengan periode pendaftaran.
Pelamar yang memenuhi syarat administrasi (shortlisted) akan dipanggil untuk mengikuti tes seleksi dan wawancara di kantor MTI UGM.
Wawancara akan mengidentifikasi hal-hal sebagai berikut:
Potensi keberhasilan studi
Penguasaan knowledge dan/atau skill dalam bidang TI
Motivasi dan attitude

Syarat-syarat yang harus dikirimkan

1. Formulir permohonan beasiswa
2. Salinan Ijazah dan Transkrip Akademik S1 yang dilegalisir
3. Surat rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II).
4. Surat keterangan yang menerangkan bahwa bidang kerja yang ditangani terkait dengan pengembangan e-Government di lingkungan asalnya.
5. Surat Keputusan Pengangkatan PNS dalam gelar S1 pada instansi yang bersangkutan. 


Download Formulir Pendaftaran 

Alamat Pengiriman Berkas Lamaran : 

Magister Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada 
Gedung Teknik Elektro dan Teknologi Informasi lantai 2
Fakultas Teknik
Jl. Grafika 2 Yogyakarta 


Perkuliahan dimulai 27 September 2010

No comments:

Post a Comment