Saturday, February 27, 2010

Belimbing Dewa yang menjadi ikon Kota Depok


Mungkin ada sudah kenal dengan buah belimbing, tapi Belimbing Dewa mungkin baru dengar, belimbing jenis ini telah menjadi ikon kota Depok, khususnya Sawangan. Karena di daerah ini sangat banyak yang membududayakan belimbing jenis Dewa ini. Disebut Dewa karena memang ukuran belimbing ini lebih besar dari belimbing biasa.

Belimbing sendiri adalah buah dari sebuah pohon jenis tanaman asli Indonesia, India dan Sri Lanka. Pohon dan buahnya yang populer di seluruh Asia Tenggara, Pasifik Selatan dan bagian Asia Timur. Pohon ini juga dibudidayakan di seluruh daerah tropis, seperti di Kolombia, Trinidad, Guyana, Republik Dominika dan Brasil, dan, di Amerika Serikat, di selatan Florida dan Hawaii.

Belimbing adalah yang terkait erat dengan bilimbi. Buah dalam lintas-bagian adalah sebuah bintang berujung lima, maka namanya.

Asal-usul dan distribusi

Yang Belimbing telah tumbuh di bagian Asia selama ratusan tahun-hal itu mungkin karena berasal dari Sri Lanka dan Maluku. Malaysia adalah pemimpin global dalam produksi belimbing volume dan kapal produk di seluruh Asia dan Eropa.

Karena kekhawatiran tentang hama dan patogen, bagaimanapun, utuh starfruits belum dapat diimpor ke AS dari Malaysia di bawah saat ini FDA / USDA peraturan. Di Amerika Serikat, starfruits tumbuh di daerah tropis dan semi-daerah tropis, termasuk Florida, Puerto Rico dan Hawaii.

Gastronomi

Aleabril paling baik dikonsumsi ketika masak, ketika mereka kuning dengan warna hijau terang. Ini juga akan memiliki punggung cokelat di lima tepi dan merasa perusahaan. Sebuah buah terlalu masak akan berwarna kuning dengan bintik-bintik cokelat.

Buah sepenuhnya dimakan, termasuk kulit yang agak berlilin. Hal ini manis tanpa berlebihan dan sangat juicy. Rasa ini sulit untuk membandingkan, tetapi telah disamakan dengan campuran pepaya, jeruk dan grapefruit sekaligus.

Manfaat kesehatan

Belimbing kaya akan antioksidan dan vitamin C dan rendah gula, natrium dan asam. Ini juga merupakan sumber potensial baik primer dan sekunder polyphenolic antioksidan.

Risiko kesehatan

Belimbing adalah buah yang cukup kompleks dengan banyak manfaat seperti stroberi, tapi kecil persen dari populasi manusia harus berhati-hati dari buah karena alasan kesehatan. Seperti jeruk, Belimbing mengandung asam oksalat, yang dapat membahayakan orang menderita gagal ginjal atau di bawah perawatan dialisis ginjal. Konsumsi oleh orang-orang dengan gagal ginjal dapat menghasilkan cegukan, muntah, mual, dan kebingungan mental. Hasil fatal telah didokumentasikan dalam beberapa pasien.

Interaksi obat

Seperti jeruk, Belimbing adalah dianggap sebagai inhibitor potensial tujuh isoform sitokrom P450. Enzim-enzim yang signifikan dalam pertama-pass penghapusan banyak obat-obatan, dan dengan demikian, konsumsi jus Belimbing atau dalam kombinasi dengan obat tertentu dapat secara signifikan meningkatkan dosis efektif dalam tubuh. Penelitian jus jeruk telah mengidentifikasi sejumlah obat-obatan umum yang terkena dampak, termasuk statin, yang umumnya digunakan untuk mengobati penyakit jantung, dan benzodiazepin (obat penenang diazepam termasuk keluarga.

Budidaya

The Belimbing adalah buah tropis dan subtropis. Di India, ia tumbuh dalam hingga ketinggian 4.000 kaki. Ini lebih suka total penjelasan kepada matahari tetapi cukup membutuhkan kelembaban dan total sebesar 70 inci atau lebih dari curah hujan per tahun. Itu tidak memiliki preferensi dalam lapangan, tetapi memerlukan drainase yang baik.

Pohon Belimbing ditanam sekurang-kurangnya 20 meter dari satu sama lain dan dibuahi tiga kali setahun. Pohon tumbuh cepat dan menghasilkan makanan pada empat atau lima tahun, kadang-kadang bahkan sebelum itu. Jumlah besar hujan selama musim semi benar-benar mengurangi jumlah buah, tetapi, dalam kondisi ideal, Belimbing dapat menghasilkan 200-400 buah pon setahun. Buah dibudidayakan terutama selama bulan Juni, Juli, dan Agustus, tapi kadang-kadang sepanjang tahun.

Hama utama adalah lalat buah, semut, dan burung. Tanaman juga rentan terhadap salju, terutama di Amerika Serikat.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Carambola

No comments:

Post a Comment